Dalam perkuliahan ini mahasiswa dibekali pengetahuan tentang konsep penelitian, populasi, sampel dan teknik sampling, serta variabel penelitian. Pendekatan dan metode penelitian : penelitian kuantitatif (eksperimen dan non eksperimen), penelitian kualitatif (interaktif dan non interaktif), penelitian pengembangan, penyusunan instrumen, validitas dan reliabilitas instrumen, teknik pengolahan dan analisis data, penyusunan proposal penelitian dan pelaporannya.   Penelitian eksperimen  lebih  ditekankan  pada  ”eksperimen  kuasi”,  Penelitian  tindakan (Action Research) lebih ditekankan pada penelitian tindakan kelas (PTK: Classroom Action Research). Prasyarat untuk mengikuti pekuliahan ini adalah lulus mata kuliah Statistika Dasar” dan lulus atau pernah mengikuti perkuliahan Evaluasi Pendidikan. Disamping tugas kelompok mahasiswa juga mendapat tugas individual menyusun ”proposal Penelitian”, semua tugas-tugas tersebut dipresentasikan. Metode yang digunakan dalam perkuliahan adalah ceramah, diskusi dan pemecahan masalah. Informasi yang diperlukan untuk menentukan keberhasilan mahasiswa adalah kehadiran, tugas (makalah), aktivitas selama perkuliahan, UTS dan UAS.