Mata Kuliah: TEKNIK REAKSI KIMIA I (TRK I)

Dosen Pengasuh: Dr. Ir. M. Bakrie, MT

Pangkat / Golongan: Pembina / IV / a

Jabatab Akademik: Lektor Kepala

Mata kuliah TRK I mempelajari kinetika reaksi ( Scale-Chemical Kinetics ) yang terjadi dalam reaksi kimia serta menentukan persamaan reaksi kimia. Konsep kinetika ( KONSEP Kinetics ), faktor-faktor Yang mempengaruhi KECEPATAN Reaksi ANTARA Lain pengaruh konsentrasi Bahan, Suhu Reaksi ( UU Arrhenius ), katalisator, Frekuensi tumbukan ( Teori Tabrakan ). Persamaan Tarif Terintegrasi Untuk Reaksi Tak Terbalik, Reaksi Terbalik, Konsep kesetimbangan reaksi, belajar faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi kimia antara lain suhu reaksi, tekanan, perbandingan reaktan dan produk), Metode Tekanan Total Mempelajari Kinetika, Reaksi Kompleks Orde-Fist, Reaksi Rantai, Konstanta Laju Dan Equlibrium, Presisi Pengukuran Kinetik . Penetapan kondisi operasi reaktor berdasarkan kedua konsep di atas.

 

Sastra wajib yang digunakan:

 

1.       CHARLES G. HILL, JR., PENGANTAR KINETIKA TEKNIK KIMIA & DESAIN REAKTOR.

2.       SMITH, JM, KINETIKA TEKNIK KIMIA

 

AKTIVITAS PERKULIAHAN:

 

Semua Pelaksanaan perkuliahan dilaksanakan Beroperasi berani menggunakan fasilitas SISFO UNIVERSITAS PGRI . Materi perkuliahan akan diaktifkan pada hari sesuai jadwal perkuliahan dan dapat diakses sampai satu hari sebelum waktu perkuliahan minggu berikutnya atau materi minggu berikutnya yang akan diaktifkan, dan materi minggu sebelumnya akan non aktifkan. Setiap mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan setiap materi secara berani ini, karena setiap mahasiswa mengakses materi dalam minggu tersebut secara otomatis sistem akan mencatat sebagai kehadiran setiap perkuliahan setiap minggunya.

Perkuliahan akan diadakan sebanyak 16 kali pertemuan per-semester. dengan kegiatan sebagai berikut

Pertemuan I - VII perkuliahan dan penugasan.

Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan setiap minggunya, dan menyelesaikan serta mengirimkan tugas dalam minggu yang bersangkutan.

 

Pertemuan Pertengahan Semester VIII

Pertanyaan hanya diaktifkan satu hari, mahasiswa wajib menyelesaikan satu hari perkuliahan dan menyerahkan jawaban ujian secara berani melalui Sisfo masing-masing dalam hari tersebut. Apabila mahasiswa tidak memberikan respons dan soal tengah semester sudah tidak diaktifkan lagi, maka mahasiswa tersebut dinyatakan tidak mengikuti Mid Semester.

Pertemuan IX-XV Perkuliahan dan penugasan

Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan setiap minggunya, dan menyelesaikan serta mengirimkan tugas dalam minggu yang bersangkutan.

Pertemuan Semester XVI

Pertanyaan hanya diaktifkan satu hari, mahasiswa wajib menyelesaikan satu hari perkuliahan dan jawaban jawaban ujian semester yang berani melalui Sisfo masing-masing dalam hari tersebut. Apabila mahasiswa tidak memberikan respons dan soal semester sudah tidak diaktifkan lagi, maka mahasiswa tersebut tidak dinyatakan mengikuti Ujian Semester.

Nilai Akhir Hasil Ujian Semester akan di sampaikan melalui SISFO PGRI, yang memuat seluruh aktivitas perkuliahan yang terdiri dari: Aktivitas perkuliahan / Kehadiran 10%, Penyelesaian tugas yang diberikan 10%, Mid-Semester 30% dan Ujian Semester 50%, dan Nilai rata- rata adalah Nilai Akhir yang berupa Angka dan Huruf.