Mata Kuliah                 : PERPINDAHAN PANAS (HEAT TRANSFER)

Doesen Pengasuh      : Dr. Ir. M. Bakrie, MT

Pangkat/Golongan      : Pembina / IV/a

Jabatab Akademik      : Lektor Kepala

Mata kuliah Perpindahan Panas Ini mempelajari dasar-dasar atau fenomena dan perhitungan perpindahan panas meliputi: 1. Process Heat Transfer, 2. Conduction, 3. Conduction, 4. Radiation, 5. Temperature, 6. Counterflow: Double-pipe Exchangers, 7. 1-2 Parallel-counterflow: Shell-and-Tube Exchangers, 8. Flow Arrangements for Increased Heat Recovery, 9. Gases 10. Streamline Flow and Free Convection, 11. Calculations for Process Conditions, 12. Condensation of Single Vapors, 13. Condensation of Mixed Vapors, 14. Evaporation, 15. Vaporizers, Evaporators, and Reboilers, 16. Extended Surfaces, 17. Direct-contact Transfer: Cooling Towers, 18. Batch and Unsteady State Processes, 19. Furnace Calculations. Dari Hasil perkuliahan Mata Kuliah ini mahasiswa diharapakan Mampu membuata suatu perancangan (design) perlatan perpindahan panas dalam Industri kimia.

Literatur wajib yang digunakan:

1.    Donald Q. Kern, Process Heat Transfer -Mcgraw Hill.

2.    Robert W. Serth , Process Heat Transfer Principles, Applications And Rules Of Thumb -McGraw Hill.

 

AKTIVITAS PERKULIAHAN

Semua pelaksanaan perkuliahan dilaksanakan secara DARING mengunakan fasiltas SISFO UNIVERSITAS PGRI. Materi perkuliahan akan di aktifkan pada hari sesuai jadual perkuliahan dan dapat diakses sampai dengan satu hari sebelum waktu perkuliahan minggu berikutnya atau materi minggu berikutnya diaktifkan, dan materi minggu sebelumnya akan di non aktifkan. Setiap mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan setiap materi secara daring ini, karena setiap mahasiswa mengakses materi dalam minggu tersebut secara otomatis sistem akan mencatat sebgai kehadiran setiap perkuliahan setiap minggunya.

Perkulihaan akan diadakan sebanyak 16 kali pertemuan persemester. dengan kegiatan sebagai berikutL

Pertemuan I – VII perkuliahan dan penugasan.

Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan setiap minggunya, dan menyelesaikan serta mengirimkan tugas dalam minggu yang bersangkutan.

 

Pertemuan VIII Mid Semester

Soal pertanyaan hanya diaktifkan satu hari, mahasiswa wajib menyelesaikan dalam satu hari perkulihan dan menyerahkan jawaban ujian secara daring via Sisfo masing-masing dalam hari tersebut. Apabila mahasiswa tidak memberikan respon dan soal mid semester sudah tidak diaktifkan lagi, maka mahasiswa tersebut dinyatakan tidak mengikuti Mid Semester.

Petemuan IX-XV Perkuliahan dan penugasan

Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan setiap minggunya, dan menyelesaikan serta mengirimkan tugas dalam minggu yang bersangkutan.

Pertemuan XVI Semester

Soal pertanyaan hanya diaktifkan satu hari, mahasiswa wajib menyelesaikan dalam satu hari perkulihan dan menyerahkan jawaban ujian semester secara daring via Sisfo masing-masing dalam hari tersebut. Apabila mahasiswa tidak memberikan respon dan soal semester sudah tidak diaktifkan lagi, maka mahasiswa tersebut dinyatakan tidak mengikuti Ujian Semester.

Nilai Akhir Hasil Ujian Semester akan di sampaikan melalui SISFO PGRI, yang memuat seluruh aktivitas perkuliahan yang terdiri dari: Aktifitas perkuliahan / Kehadiran 10%, Penyelesaian tugas yang diberikan 10%, Mid Semester 30% dan Ujian Semester 50%, dan Nilai rata-rata adalah Nilai Akhir yang berupa Angka dan Hurup.