Bapak Ibu Mahasiswa Pasca masih dalam pembahasan , bicara tentang kualitas kepemimpinan pendidikan ,prilaku individu,kelompok dan organisasi , maka kita akan bicara tentang kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan Pendidikan berkaitan dengan kepala sekolah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif. Dalam hal ini perilaku kepala sekolah harus dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukkan rasa bersahabat, dekat, dan penuh pertimbangan terhadap guru, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok . Perilaku instrumental kepala sekolah merupakan tugas-tugas yang diorientasikan dan secara langsung diklarifikasi dalam peranan dan tugas-tugas para guru, sebagai individu dan sebagai kelompok . Perilaku kepala sekolah yang positif dapat mendorong , mengarahkan ,dan memotivasi seluruh warga sekolah  untuk bekerja sama dalam mewujudkan visi,misi,dan tujuan sekolah .

Jika bicara prilaku individu kita akan membahas tentang kemampuan yaitu kemampuan  intelektual,kemampuan fisik, dan kesesuaian kemampuan-pekerjaan . kita juga akan bicara tentang  karakteristi biografis yang menyangkut tentang usia, gender , ras dan masa jabatan .

dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa kinerja kepemimpinan kepala sekolah merupakan upaya yang dilakukan dan hasil yang dapat dicapai oleh kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen sekolah untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien ,produktif, dan akuntabel. Oleh karena itu kepala sekolah  memilikiposisi yang sangat penting dalam menggerakkan manajemen sekolah agar dapat berjalan sesuai tuntutan masyarakat dan perkembangan kebutuhan zaman ; khusus nya kemajuan teknologi, budaya dan seni.

Bapak Ibu Mahasiswa Pasca dari materi di pertemuan ke lima ini bapak ini silakan bahas dan diskusikan terkaid dengan materi tersebut , sehingga dalam diskusi nanti melalui diskusi,sharing pendapat dan masukan ,Bapak Ibu dapat menjadikan hal2 yg baik utk dapat di manfaatkan dalam melaksanakan tugas bapak ibu selaku tenaga pendidik dan kependidikan