Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat Pagi peserta mata kuliah Metode Penelitian Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, FKIP, Universitas PGRI Palembang. 

Salam sehat untuk kalian semua dimanapun sedang berada..


DESKRIPSI MATA KULIAH METODE PENELITIAN 

Perkuliahan Metode Penelitian Geografi dengan bobot 2 SKS diselenggarakan atas 16 kali pertemuan dengan fokus kajian utama yaitu; 1) menjawab rasa ingin tahu dari pertanyaan yang belum terjawab tentang keberadaan fenomena geosfer; 2) bagaimana cara mengenal fenomena geosfer dengan pola ilmiah yaitu rasional, logis, sistematis, dan analisis dengan menggunakan metode-metode ilmiah; 3) menilai jawaban-jawaban dari proses penyelidikan dan penemuan dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah.

Sasaran perkuliahan adalah menyiapkan mahasiswa agar memiliki wawasan pemikiran proses penelitian yang jelas, memiliki kemampuan dan keterampilan menentukan dan menggunakan metode ilmiah dalam penelitian geografi, memiliki kemampuan dalam menilai kebenaran ilmiah, memeiliki kemampuan dan keterampilan dalam penampilan secara verbal, visual, matematika, digital, dan kognitif dalam penulisan karya ilmiah hasil penelitian.

Lingkup kajian penelitian geografi meliputi kajian geografi fisik, geografi manusia, gabungan geografi fisik dan geografi manusia, geografi teknik, dan pendidikan geografi dengan pendekatan keruangan, kewilayahan, dan kelingkungan.